Pandemi Covid-19 Dan Varian Delta

Bagikan artikel ini

Pandemi Covid-19 Dan Varian Delta

 

Nama:M Rafiq Pudjianto

Kelas: XII Ipa 4

 

Jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia kian meningkat. Bertambahnya jumlah kasus ini membuat angka infeksi Covid-19 di Indonesia menembus angka 1 juta.

Sudah seharusnya kita lebih patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditentukan Pemerintah Indonesia. Protokol kesehatan ini ditujukan untuk mencegah penularan virus corona dan meminimalisir bertambahnya angka kasus infeksi.

Pandemi COVID-19 masih perlu diatasi. Apalagi sudah ada pula varian-varian COVID-19 lain yang masuk ke Indonesia. Bahkan beberapa waktu lalu ditemukan varian delta plus yang disebut sudah masuk ke Indonesia.Bahkan beberapa waktu lalu ditemukan varian delta plus yang disebut sudah masuk ke Indonesia.

Apa itu varian delta plus? Dilansir dari Kompas.com, varian delta plus adalah virus yang berasal dari turunan varian delta (B.1.617.2). Bedanya varian delta plus memiliki mutasi tambahan, yaitu K417N. Mutasi K417N disebut bisa membahayakan karena antibodi dari vaksinasi COVID-19 bisa saja tidak mendeteksinya. Varian ini mulai ditemukan di Inggris pada 26 April lalu.

Kemudian pada 11 Juni lalu, Badan Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE) menyatakan ini adalah varian yang harus diberi pengawasan yang ketat (varian of concern). Protokol kesehatan tersebut meliputi menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta wajib menjaga jarak. Hal ini bukanlah hal yang mudah, karena bukan merupakan suatu kebiasaan untuk kita semua.

Namun, kita harus bekerja lebih keras lagi untuk selalu mengingatkan diri sendiri, orang di sekitar kita, serta orang lain untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi penambahan kasus dan pandemi segera berakhir. Pertambahan kasus ini bukan hanya menjadi momen yang paling menyedihkan. Namun, juga untuk menjadi pengingat agar kita senantiasa menjalankan protokol kesehatan.

Di balik kesedihan seluruh belahan dunia ini, kita harus mampu mengambil hikmah dari pandemi covid 19 ini. Pandemi covid 19 ini mungkin saja datang sebagai ujian untuk kita semua, apakah kita mampu mencerdaskan kehidupan bangsa walau dalam kondisi seperti ini. Semoga goresan sederhana ini bermanfaat. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *