SEPENGGAL KISAH MENJADI PEMBINA EKSTRAKURIKULER KIR

Bagikan artikel ini

 

SEPENGGAL KISAH MENJADI PEMBINA EKSTRAKURIKULER KIR

Karya : Erna Dwi Susanti,S.Pd

 

Hallo semua, saya Erna Dwi Susanti guru SMAN 2 Cikarang Barat mengampu Mata Pelajaran Kimia. Saya masuk di sekolah ini tahun ajaran 2022-2023. Banyak ilmu baru dan pengalaman yang di dapat ketika saya mengajar disekolah ini, karena sebelumnya saya mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tentunya banyak sekali perbedaan.

 
Kalian tau ga sih? Apa itu Ekstrakurikuler KIR? KIR adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu hasil yang disebut karya ilmiah. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh ekskul ini antara lain diskusi, penelitian/esperimen, pembuatan mading dan pelatihan karya tulis ilmiah. KIR di SMAN 2 Cikarang Barat baru dibentuk tahun Ajaran 2021-2022 dengan pembina Ibu Vivi Lutfiana Fadhillah, S.Pd. dan ketua KIR adalah Najwa dari kelas XII IPA 3. Awalnya KIR beranggotakan hanya 3 orang,  tahun berikutnya alhamdulilah banyak siswa-siswi yang berminat untuk mengikuti kegiatan ekskul KIR.

Baru terhitung 1 tahun saya mengajar, saya dipercaya untuk menjadi  pembina ekskul KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) tahun ajaran 2023-2024. Awalnya saya bingung ketika menjadi pembina KIR mau ngapain aja kegiatannya dan kedepannya harus bagaimana. Tetapi karna ini sebuah amanah harus tetap dijalankan dan sambil berjalan sama sama belajar dan terus bertanya ke teman-teman yang berpengalaman. Seiring berjalannya waktu dan berproses alhamdulilah sudah berjalan 1 semester menjadi Pembina KIR banyak kegiatan yang sudah dikerjakan bersama-sama. Kegiatan eksperimen yang sudah dilakukan selama 6 bulan menjadi pembina KIR antara lain melakukan percobaan Uangku yang utuh Uangku terbakar, percobaan Gunung Merapi, percobaan  Semburan Asap, pembuatan Roket Air, pembuatan Telur Asin dan pembuatan mading. 

Dan hal yang paling berkesan menjadi bagian dari KIR yaitu siswa-siswi anggota KIR bisa mengkuti lomba perdana diluar sekolah. Ini merupakan suatu pengalaman yang luar biasa untuk mereka bisa berkarya dan berprestasi. Perlombaan yang dilaksanakan di SMAN 2 Tambun Selatan dalam Acara Angkasa yaitu dengan mata lomba Roket Air tingkat SMA dan lomba cepat tepat tingkat SMA. Meskipun mereka belum bisa juara setidaknya mereka sudah sampai tahap semi final ini merupakan pencapaian yang luar biasa. 

Saya berharap semoga KIR SMAN 2 Cikarang Barat bisa berkembang maju dan berprestasi sehingga bisa menghasilkan karya-karya yang terbaik dan mendapatkan bibit-bibit unggul. Mudah mudahan kedepanya bukan kita yang mengikuti lomba di luar melainkan Ekstrakurikuler KIR bisa mengadakan lomba skala nasional. Amin ya rabbalalamin..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *