TUMBUHAN

Bagikan artikel ini

TUMBUHAN

Oleh: Inayatussabila Nur

Haiii teman teman!!! Tulisan aku kali ini akan menjelaskan tentang definisi, fungsi dari tumbuhan.

Apasihh definisi tumbuhan tuhh????

Jadi tumbuhan adalah salah satu mahkluk hidup yang terdapat di alam semesta. Selain itu tumbuhan adalah mahkluk hidup yang memiliki daun, batang, dan akar sehingga mampu menghasilkan makanan sendiri dengan menggunakan klorofil untuk menjalani proses fotosintesis.

Walaupun tumbuhan ini diam dan bergerak jika kena angin saja, mereka juga bisa bernafas seperti makhluk hidup yang lain lho!! Mau tau ga gimana caranya mereka bernafas? Caranya dengan tumbuhan akan menyerap oksigen atau O2 dalam proses pernapasannya dengan alat pernapasan yang berbeda-beda. Secara umum terdapat tiga alat pernapasan tumbuhan yaitu stomata, lentisel, dan akar rambut.

Lalu apasih fungsi dari tumbuhan itu sendiri?

Fungsi tumbuhan itu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Tumbuhan juga sumber makanan bagi semua makhluk hidup. Tumbuhan adalah produsen utama. Tumbuhan juga bisa meminimalisir banjir, yaitu dengan kita menanam pohon, dengan menanam pohon air bisa menyerap ke akar pohon maka dari itu bisa meminimalisir banjir, selain itu juga jika pohon semakin tinggi atau besar tidak akan begitu panas karena pohon bisa menghalangi sinar matahari langsung, dan sudah pasti juga sejuk, di SMA Negri 2 Cikarang Barat sudah banyak lohh tanaman tanaman, banyak macam macam tanaman dari bunga, pohon, dan lain lain, maka dari itu ayo menanam agar meminimalisir banjir dan tidak kepanasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *