MANFAAT TIMUN SURI

Bagikan artikel ini


MANFAAT TIMUN SURI

Oleh : Alfaiz Putra Anantar

 

BEKASI, ALFAIRAZKita pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang sering kita temui dan konsumsi saat bulan Ramadhan. Apalagi kalau bukan Timun Suri. 

Buah segar dengan efek menyejukkan ini memiliki nama latin Cucumis melo L var reticulatus Naudin. Walaupun nama buah ini menggunakan kata “Timun”, tapi nyatanya Timun Suri masih termasuk ke dalam anggota keluarga labu-labuan. (Cucurbitaceae).

Saat bulan Ramadhan, buah ini banyak dijual di pinggir jalan dengan harga yang bervariasi. Bahkan ada juga penjual yang sudah mengolahnya menjadi minuman dingin yang menyegarkan.

Buah dengan bentuknya yang lonjong dan warna kulit hijau kekuning-kuningan ini memiliki tekstur daging yang cenderung lembut, serta mengandung banyak kandungan air, sehingga cocok menjadi santapan berbuka puasa.

Selain sebagai santapan berbuka puasa, buah ini juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Per 100 gram buah Timun suri, mengandung zat gizi yang mencakupi; 96,32 gram Air, 1,26 gram Protein, 0,04 gram Lemak, 2,09 gram Karbohidrat, 768 miligram Kalsium, 0,20 mg Zat Besi, 0,89 mg Serat, 24,86 mg Vitamin C, 1008 mg Kalium, dan 422 mg Fosfor.

Kombinasi kandungan-kandungan tersebut, membuat Timun Suri menjadi buah dengan kaya akan manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari Halo Sehat, berikut adalah daftar manfaatnya.

  • Membantu Mencukupi Cairan Tubuh

Kandungan Air yang dimiliki oleh Timun Suri dapat mencukupi cairan tubuh terutama saat sedang berpuasa. Apalagi jika diolah menjadi minuman es buah dengan tambahan sirup atau susu.

 

  1. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Manfaat Timun Suri banyak diketahui oleh Masyarakat umum adalah dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Manfaat ini dikarenakan Timun Suri banyak mengandung serat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu dapat mengonsumsi Timun Suri setiap hari, dan tidak lupa mengonsumsi air putih yang akan membuat feses jadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh.

  1. Menyehatkan Tulang

Siapa yang mengira Timun Suri memiliki manfaat untuk menyehatkan tulang? Manfaat ini memang tidak banyak diketahui, karena sebagian Masyarakat beranggapan bahwa untuk mendapatkan tulang yang sehat, harus mengonsumsi susu.

Memang, tulang akan tetap sehat jika kita rutin mengonsumsi vitamin D. Namun, nutrisi yang dibutuhkan tidak hanya itu saja. Tulang juga membutuhkan mineral lain, seperti kalsium, fosfor, dan zat besi yang bisa didapat dari Timun Suri.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Beberapa sumber menyatakan bahwa Vitamin C yang terkandung dalam Timun Suri cukup tinggi, sehingga buah dipercaya memiliki manfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh. 

Kedua vitamin ini dapat membantu mendorong produksi sel darah putih, khususnya limfosit dan fagosit, yang memiliki peran untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Vitamin C juga bersifat antioksidan sehingga dapat melindungi sel-sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, Vitamin C juga dibutuhkan oleh tubuh untuk penyerapan zat besi, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan kadar asam urat.

  1. Menurunkan Risiko Anemia

Manfaat Timun Suri yang terakhir adalah dapat mencegah anemia, yakni zat besi. Sekitar 70% zat besi ditemukan di dalam sel darah merah yang disebut hemoglobin, dan di dalam sel otot yang disebut dengan mioglobin.

Hemoglobin memiliki peran penting untuk mengantar oksigen dalam darah dari paru-paru ke jaringan. Sementara mioglobin, dapat menerima, menyimpan, mengangkut, sekaligus melepaskan oksigen yang terikat oleh hemoglobin. Bila kadar zat besi dalam tubuh rendah, kondisi ini bisa berujung dengan anemia. 

Itu dia daftar manfaat Timun Suri yang baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun buah ini memiliki banyak kandungan, tetapi sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi secara berlebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *