“ Apa itu Psikologi?”

Bagikan artikel ini

“APA ITU PSIKOLOGI”

Nama : Naura Zalfa Nizar

Kelas : XII IPA 2

 

Psikologis adalah kondisi yang berkaitan dengan pikiran atau fenomena mental sebagai materi pelajaran psikologi. Bisa dibilang, psikologis adalah objek dari studi psikologi. Psikologis berkaitan dengan apapun yang memengaruhi pikiran, terutama sebagai fungsi dari kesadaran, perasaan, atau motivasi.

Banyak sekali gangguan terhadap psikologis diantaranya depresi ( mood yang berubah-ubah dan hilangnya rasa minat secara terus-menerus) , bipolar ( gangguan mental dengan perubahan drastis pada suasana hati ) dan lainnya. Gangguan ini cukup umum bagi psikolog.

Ada yang berasal dari rasa trauma , stress , gangguan kecemasan . Trauma iyalah penyakit mental yang biasa nya dialami atau menyaksikan suatu peristiwa traumatis, banyak sekali anak zaman sekarang yang memiliki trauma karna kekerasan fisik dan mental dari berbagai sumber bisa orang tua dan orang di lingkungan sekitar nya  , beberapa anak sering sekali menjadi korban pelampiasan dalam rumah tangga hingga menyebabkan terjadinya perubahan psikis diantaranya takut dengan orang, sulit bersosialisasi , bahkan bisa menyakiti dirinya sendiri , hal yang paling menakutkan ialah mereka akan berpikir untuk bunuh diri atau mengakhiri hidupnya.

Parahnya, trauma masa kecil tersebut dapat memiliki efek buruk yang berlangsung seumur hidup. Dalam pencegahan yang lebih buruk rasa trauma bisa di sembuhkan walaupun dalam jangka panjang dengan :

  1. Ceritakan peristiwa yang dialami dengan orang terdekat dan juga bisa dipercaya , hal ini untuk mengurangi stress yang membuat trauma . Bercerita dengan seseorang yang membuat mu nyaman .
  2. Melakukan kegiatan yang membuat diri sendiri senang , luangkan lah waktu untuk menjauh kan diri dari perasaan negatif .
  3. Mulai hadapi rasa trauma dengan bersosialisasi, meminta dukungan dari orang terdekat . Jika selalu menutup diri , semakin lama menghindar hanya dapat memperpanjang stres dan membuat diri tak kunjung pulih .

Rasa trauma bisa dipulihkan dengan adanya semangat sembuh dan keinginan diri sendiri .Walaupun rasa trauma membuat diri sendiri takut berkomunikasi dan bersosialisasi , hadapilah rasa itu cobalah untuk mempunyai teman , berceritalah jika memang kamu tidak kuat akan apa yang kamu alami hal akan membuatmu sedikit lebih ringan dari beban yang kamu miliki .

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *