Penggunaan Bahasa Sunda dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Bagikan artikel ini

 

Penggunaan Bahasa Sunda dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Oleh : Erina Apriyanti, S.Pd

                    Bahasa Sunda merupakan bahasa ibu bagi masyarakat Jawa Barat dan di wilayah Banten Selatan, tidak sedikit bahasa tersebut untuk digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya di dunia pendidikan. Pada beberapa wilayah tersebut, siswa mengalami beberapa kendala saat belajar bahasa inggris karena sudah terbayang betapa menakutkan dan susahnya untuk mengucapkan kata demi kata.

Pada proses pembelajaran terkadang siswa mengalami hal yang tak terduga seperti tegang dan frustasi dalam mempelajari bahasa Inggris. Oleh karena itu beberapa guru Bahasa Inggris yang mengajar di wilayah tersebut menggunakan bahasa ibu yaitu Bahasa Sunda dalam proses pembelajaran dengan tujuan agar siswa menjadi lebih paham terhadap apa yang disampaikan oleh guru.

Mengajarkan bahasa Inggris dengan Bahasa Sunda sedikit banyak perbedaan salah satunya cara pengucapan atau pelafalannya serta penulisannya. Pada proses pembelajaran, biasanya guru menggunakan bahasa ibu untuk menjalaskan bahasa Inggris agar tidak ada kata atau kalimat yang miskomunikasi. Dengan begitu siswa akan lebih paham makna belajar untuk menerjemahkan serta mempraktekannya.

Setelah siswa sudah bisa mengerti Bahasa Inggris, mereka dapat menterjemahkan satu persatu kata, kalimat, pargraf bahkan satu buku tanpa menggunakan bahasa ibu lagi. Pentingnya belajar menerjemahkan untuk mengetahui makna buku tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *