Mengenal Coping Stress dan Salah Satu Bentuk Coping Stress

Bagikan artikel ini

Ditulis oleh: Intan Nur Fauziah Saputri

Setiap orang pasti dihadapkan oleh masalah, bahkan sering kali kita dihadapkan pada masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Adanya permasalahan tersebut ternyata membawa dampak bagi kondisi psikologis seseorang, karena hal tersebut menjadi suatu tekanan bagi seseorang dan dapat menimbulkan stress. Stress merupakan gangguan pada pikiran seseorang yang disebabkan oleh perubahan lingkungan ataupun tuntutan kehidupan. Sehingga menimbulkan beban fikiran yang dapat berakibat mengalami terjadinya stress.
Timbulnya stres dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang sehingga diperlukan adanya coping stress guna mengatasi terjadinya stres pada seseorang. Istilah coping stress merupakan cara individu dalam menyesuaikan diri dari lingkungannya, guna meminimalisir terjadinya pikiran ataupun tuntutan yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang agar tidak terjadi stress. Istilah coping stress berasal dari Bahasa inggris, yaitu “cope” yang memiliki arti menanggulangi atau mengatasi suatu hal yang sulit dikendalikan oleh kondisi seseorang. (Mashudi, 2012)
Coping stress juga dapat didefinisikan sebagai usaha untuk mengubah perilaku dan kognitif dari individu untuk mengendalikan beban fikiran yang melebihi kemampuan dari seseorang. Oleh sebab itu adanya coping stress ternyata mampu mencegah ataupun mengendalikan terjadinya stress, serta maupun memberikan dampak positif ketahanan psikologis yang ditimbulkan oleh stress.
Menurut jurnal penelitian Lazarus dan Folkman tahun 2022 menyatakan bahwa terdapat dua jenis coping stress, yakni problem focused coping dan emotion focused coping. Problem focused coping merupakan strategi dalam menghadapi stres dengan cara penyelesaian permasalah terkait penyebab stres secara langsung. Sedangkan Emotionl focused coping merupakan strategi menghadapi stress dengan cara mengatur respon emosi seseorang pada situasi dalam tekanan, dengan cara memperbaiki situasi yang sedang dihadapi secara langsung.
Dengan adanya coping stress ternyata mampu mengelola stress dengan baik, tergantung pada pengimplementasiannya. Meskipun demikian, banyak faktor upaya coping stress, Salah satu nya adalah penggunaan media sosial. Setiap orang pasti menggunakan media sosial dalam sehari-hari bahkan ketika sedang belajar, bekerja semua pasti terhubung oleh media sosial.
Penggunaan media sosial ternyata mampu memberikan dampak positif salah satunya, mampu menjadi coping stress bagi suatu individu, karena di dalam media sosial terdapat beberapa konten kreator berupa hiburan yang mampu memberikan kontribusi besar terhadap penurunan tingkat stress yang di alami oleh seseorang. Tidak hanya itu penggunaan media sosial yang di dalamnya memuat vidio komedi, ternyata mampu memberikan kebahagiaan dan rasa tawa tersendiri bagi penikmat vidio komedi. Oleh karena itu ternyata media sosial juga merupakan salah satu bentuk coping stres yang mampu memberikan resiko penurunan beban fikiran bagi seseorang yang sedang menghadapi tantangan ataupun sebuah permasalahan.
Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa seseorang yang menggunakan media sosial mampu memberikan dampak positif terlebih bagi mereka yang sedang mengalami stress. Maka dari itu jadilah pengguna media sosial yang bijak, yang mampu memanfaatkan media sosial dengan baik dan benar.

One thought on “Mengenal Coping Stress dan Salah Satu Bentuk Coping Stress

  • Mei 24, 2023 pada 5:47 am
    Permalink

    Tulisannya keren, memotivasi
    Bisa dijadikan tips menghilangkan stress
    Terimakasih, semangat sayang

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *